*5/ Manfaat Kopi Biji Salak untuk mengatasi asam urat dan Hipertensi - Kunara

Manfaat Kopi Biji Salak untuk mengatasi asam urat dan Hipertensi

6 Manfaat Kopi Biji Salak Untuk Kesehatan

Buah salak atau buah dengan nama latin Salacca zalacca merupakan jenis buah berduri yang memiliki daging berwarna putih gading yang segar dan memiliki kulit berduri. Meskipun memiliki kulit yang berduri, buah salak memiliki kandungan vitamin dan mineral serta kaya akan serat. Biji salak yang keras dan belum banyak orang mengetahuinya, akan membuang bijinya setelah memakan buahnya. Memang masih sangat jarang tentang pengolahan biji salak sehingga setelah memakan daging buah salak, biji salak akan dibuang karena dianggap tidak akan digunakan atau dimanfaatkan lagi. Namun ternyata, biji salak dapat diolah dan memiliki manfaat untuk kesehatan. Di Tapanuli Selatan, biji salak diolah menjadi bubuk seperti semacam kopi, maka dari itu biasanya bubuk dari biji salak ini disebut dengan kopi biji salak. Kopi bijisalak memiliki rasa yang khas karena berbeda dengan kopi pada umumnya.

Biji salak yang sangat keras memiliki citarasa tersendiri dan memiliki khasiat yang bermanfaat untuk kesehatan setelah menjadi bubuk kopi biji salak.  Untuk membuat kopi dari biji salak, perlu dilakukan beberapa proses pengolahan, yakni :

  1. Biji salak dijemur atau disimpan di tempat yang kering dan tidak lembab, agar biji salak menjadi kering dan cairan yang ada di dalam biji salak dapat berkurang.
  2. Setelah biji salak tersebut kering, biji salak yang kering kemudian disangrai dalam kuali besar hingga memiliki warna yang hitam seperti kopi.
  3. Ketika warna biji salak sudah menjadi hitam, biji salak tersebut sudah dapat dijadikan bubuk kopi dengan cara ditumbuk dengan alat tumbuh batu.
  4. Untuk mendapatkan tekstur yang lebih halus, biji kopi yang sudah ditumbuk dengan batu kemudian di blender.
  5. Untuk memisahkan biji kopi yang halus dengan beberapa lainnya yang masih kasar, biji kopi bubuk kemudian diayak dan hanya diambil hasil ayakannya saja. Barulah serbuk kopi biji salak ini dapat disajikan sebagai minuman kopi dengan menyeduhnya.

Di beberapa daerah, kopi biji salak ini sudah beredar di pasaran dapat bentuk kemasan. Karena, selain rasanya yang khas dan segar dengan aroma buahsalak, kopi biji salak dapat mengatasi masalah kesehatan dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Manfaat Mengkonsumsi Kopi Biji Salak

Meskipun belum sepopuler kopi pada umumnya, kopi biji salak sudah ada dipasaran dalam bentuk kemasan. Kopi biji salak tidak hanya hadir dengan citarasanya saja namun juga dengan khasiat yang ada di dalamnya. Kandungan yang ada dalam biji salak diantara yakni air, selulosa, pati, karbohidrat, lemak dan protein. Beberapa kandungan dalam biji salak tersebut memiliki manfaat yang apabila dikonsumsi, diantaranya :

  1. Mengatasi Asam Urat

Mengkonsumsi kopi biji salak menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi asam urat. Kopi biji salak dapat mencegah terjadinya rematik, nyeri otot serta mengurangi rasa nyeri pada bagian persendian yang disebabkan karena asam urat. Mengkonsumsi kopi biji salak secara rutin, tidak memerlukan waktu yang lama untuk menyembuhkan asam urat yang diderita.

  1. Mencegah Hipertensi

Mengkonsumsi kopi salak dapat dapat membantu memperlancar sistem peredaran dalam tubuh. Kandungan dalam biji salak dapat memberikan suplai oksigen yang diedarkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah yang lancar. Dengan aliran darah yang lancar dan suplai oksigen yang tercukupi, mengkonsumsi kopi bijisalak dapat mengurangi resiko, atau mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu, tubuh juga akan lebih sehat.

  1. Meningkatkan Kinerja Otot

Biji salak memiliki kandungan protein yang memiliki manfaat yang baik untuk otot. Mengkonsumsi biji salak yang mengandung protein dalam bentuk kopi, dapat membantu meningkatkan kinerja otot, serta membantu proses yang memiliki kaitan dengan sistem syaraf dengan membantu dalam pembentukan awal sistem syaraf tersebut. Dengan mengkonsumsi kopi biji salak, otot menjadi lebih kuat sehingga tubuh akan lebih bertenaga dan tidak mudah lelah.

  1. Menambah Tenaga

Mengkonsumsi kopi biji salak dapat meningkatkan ketahanan tubuh agar bertenaga, tidak hanya berasal dari protein biji salak yang bermanfaat bagi otot saja, tapi juga didukung dengan adanya kandungan karbohidrat yang ada di dalam biji salak. Karbohidrat yang terkandung dalam biji salak dan dikonsumsi dalam bentuk minuman kopi mampu memenuhi kebutuhan energi harian yang dibutuhkan tubuh untuk menjalai segala aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Dibandingkan mengkonsumsi minuman bertenaga kemasan yang mengandung pengawet dan beberapa kandungan kimia yang tidak baik untuk tubuh, mengkonsumsi kopi biji salak dapat menjadi salah satu referensi untuk menambah tenaga dalam tubuh. Sama sama dalam bentuk minuman, kopi biji salak akan lebih segar karena dengan rasa kopi aroma buah salak yang segar.a

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Selain menjaga kesehatan tubuh, mengkonsumsi kopi biji salak dapat membantu menambah konsentrasi seseorang dalam setiap proses pembelajaran yang dilakukan baik formal maupun pembelajaran non formalnya. Selain itu, kopi biji salak juga dapat menambah daya otak untuk memiliki pola pikir yang bervariasi dan juga dapat membantu perkembangan otak yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat terhadap setiap pembelajaran atau aktivitas yang dilakukan. Dengan bertambahnya konsentrasi, daya pola pikir dan daya ingat maka dalam proses penyerapan rangsangan dari luar terhadapat sesuatu akan lebih cepat dan kecerdasan dapat meningkat pula. Otak akan mengirim sinya kepada bagian tubuh lain sehingga menjadi lebih cepat untuk mengingat dan lebih peka dalam menghadapi setiap kondisi yang dialami.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Terdapat sebuah mitos dimana, mengkonsumsi buah salak akan membuat susah BAB, padahal sebenarnya salak memiliki kandungan serat yang dapat memperlancar sistem pencernaan. Seperti pada buah salak, meskipun tidak memiliki kandungan serat di dalamnya, kopi biji salak mampu memperlancar sistem pencernaan. Seperti kopi biasa, meminum kopi biji salak akan menimbulkan efek yang membuat perut terasa mulas. Tidak semua orang mengalami rasa mulas yang disebabkan mengkonsumsi kopi biji salak, sebagian orang akan memiliki sistem pencernaan yang lancar, sehingga dapat membuang feses lebih normal.

Manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi kopi biji salak sangat beragam untuk menjaga kesehatan tubuh. Cara penyajian seperti dalam menyajikan kopi biasa yang sangat mudah, tidak akan ada alasan ribet untuk membuatnya. Yang perlu diperhatikan adalah, orang yang memiliki riwayat darah rendah harus menghindari mengkonsumsi kopi biji salak, karena akan membuat tekanan darah menjadi lebih rendah. Untuk membuktikan manfaatnya, dapat dicoba dengan mengkonsumsi kopi biji kopi beberapa hari secara rutin. Selamat mencoba . . .

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *