Asal Kata Ekonomi

  1. Manusia ini makhluk social, makhluk yang gemar bergaul menurut peribahasa Yunani Zon Politicon. Pergaulan manusia dengan manusia perorangan, pergaulan antara golongan dengan golongan. Mula mula pergaulan antara rumah tangga, kemudian antar desa, kemudian antar kecamatan, kabupaten, Provinsi antar Negara, kemudian Pergaulan Internasional
  2. Pergaulan antara manusia dengan manusia itu bermacam macam pateri penghubungnya :
    1. Ada pergaulan antara manusia dengan manusia yang dipateri dengan kebutuhan hidup atau materi. Pergaulan semacam ini menurut istilah Bahasa Arab dinamakan Muamalah Madiniah.

 

  1. Muamalah artinya Pergaulan
  2. Madiniah artinya Materi

Atau disebat “EKONOMI KAPITAL”

(Kamus Politik Bab Huruf E Halaman 45, Kalimat Ekonomi bahasa Belanda, bahasa Arab Iqtishod

 

Eco artinya Rumah

Nomos artinya pertadbiran atau peraturan

Jadi EKONOMI artinya peraturan rumah tangga, dari rumah tangga kecil sampai rumah tangga besar yaitu Negara

  1. Pergaulan antara manusia ada yang diperhubungkan dengan Moral, rasa hormat menghormati, tolong menolong, dan lain lain dinamakan Muamalah Madiniyah artinya perhubungan tata karma, atau disebut SOSIAL
  2. Ekonomi yang semata mata dititik beratkan sepada materi, dinamakan “Ekonomi Kapitalis” Ekonomi Kapitalis terbagi menjadi dua bagian:
    1. Ekonomi Kapitalis yang dipusatkan kepada perorangan, Individu dinamakan Syakhiyah dinamakan (Kapitalis Individu)
    2. Ekonomi kapitalis yang dipusatkan kepada kepentingan bersama dinamakan Komunis
    3. Baikpun Kapitalis maupun Komunis kedua duanya itu bersumber dari mata air satu yaitu falsafah MATERIALIS, kebendaan semata mata, isi perut saja.
  3. Ekonomi Kapitalis itu menurut Al Qur’an surat Humazah mempunyai tiga macam karakter atau tabiat :
    1. Karekter Kapitalis pertama

Al ladzi Jama amalan ( Humazah/surat/ 104/ayat/ 2)

artinya “Yang mengumpulkan Harta benda” atau menurut istilah ekonomi “Konsentrasi Kapital” pemusatan Kapital. Dari Sinilah timbulnya Gudang gudang besar untuk mensentralisir Kapital.

  1. Karakter Kapitalis kedua

Wa‘adadah ( Humazah/surat/ 104/ayat/ 2). artinya menghitung hitung harta bendanya.

Siang malam menghitung hitung jumlah harta bendanya, menghitung hitung besarnya keuntungan dan besarnya kerugian, menghitung hitung upah ringan, menghitung-hitung waktu. Istilah ilmu ekonomi disebutkan Rasionalisasi. Dari sinilah timbulnya bank, timbulnya adminitrasi yang rapi.

  1. Karakter kapitalis yang ketiga

“Yahsabu anna maalahu akhladah”. ( Humazah/surat/ 104/ayat/ 2) Menduga sesungguhnya harta benda yang mereka miliki itu kekal. Dari Sinilah timbullah ingin menguasai seluruh pasaran pasaran. Menurut istilah ekonomi MONOPOLI.

 

  1. Menurut Al Qur’an system ekonomi kapitalis inilah yang membawa kehancuran peradaban manusia, inilah yang menimbulkan peperangan diseluruh dunia. Oleh sebab itu Al Qur’an melarang ekonomi secara kapitalis

“Kallaa layunbadzanna fil huthamah,(4) Wa maa adraaka mal huthamah. (5) Naarullaahil muuqadah (6)Al latii taththali’u alal af-idah (7) Innahaa ‘alaihim mu’shadah (8) Fii ‘amadin mumaddadah (9)

 

Sekali kali tidak ! Sesungguhnya dia benar benar akan dilemparkan ke dalam Khutomah 4. Dan Tahukan kamu apakah khutomah itu ? 5 yaitu api Alloh yang dinyalakan . 6. Yang naik sampai ke hati. 7. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka. 8 sedang mereka itu diikat pada tiang yang panjang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *