8 Manfaat Buah Salak yang Jarang Diketahui

Buah salak mengandung nutrisi seperti Protein, Beta-Karoten, Vitamin-C, Serat makanan, Zat Besi, Kalsium, Fosfor dan Karbohidrat yang bagus untuk kesehatan secara keseluruhan. Buah ini juga mengandung Beta-Karoten yang merupakan antioksidan kuat dan bekerja dengan baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, bahkan kanker. Selain itu mengandung Beta-Karoten 5 kali lebih banyak daripada yang ditemukan di semangka, mangga, dan 3 kali lebih banyak daripada yang ditemukan di jambu biji.

1. Menjaga kesehatan mata

Menurut penelitian ahli kesehatan, buah salak mengandung betakaroten yang bagus untuk mata. Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan mata dan keseimbangan namun jenuh karena harus terus-menerus mengonsumsi jus wortel, kini Anda punya pilihan lain yaitu menukar jus wortel dengan jus salak. JADI memasukkan buah salak ke dalam makanan rutin Anda adalah salah satu metode terbaik untuk mendapatkan jumlah beta karoten yang dibutuhkan.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Salak merupakan salah satu buah padat nutrisi yang terdiri dari kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan betakaroten. Karena nutrisi tersebut, salak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tanin bersifat anti diare sehingga salak membantu menyembuhkan diare. Selain itu salak juga dapat mengobati gangguan pencernaan. Ada baiknya mengkonsumsi salak beserta kulit ari nya, yang dapat mencegah sembelit.

3. Menguatkan ingatan

Kandungan kalium dan pektin yang tinggi dalam salak membantu meningkatkan fungsi kognitif tubuh dan meningkatkan daya ingat.

4. Mengontrol gula darah

Kulit buah salak bila dijadikan teh membantu dalam regenerasi sel di pankreas yang membantu untuk mengontrol diabetes. Selain itu juga mengandung pterostilbene yang merupakan agen penurun glukosa darah yang membantu dalam mengendalikan diabetes. Manfaat buah salak yang satu ini juga baik untuk menghindarkan Anda dari risiko diabetes.

5. Menjaga kesehatan jantung

Jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi menjaga sistem kardiovaskular berfungsi dengan baik dan membantu pengaturan air di dalam tubuh.

6. Menjaga imunitas dan stamina

Salak adalah salah satu buah padat nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Antioksidan membantu dalam memerangi kerusakan sel dan jaringan serta mencegah tubuh dari kerusakan karsinogenik yang berbahaya. Konsumsi porsi salak secara teratur dalam makanan Anda membantu mengurangi risiko wasir.

7. Baik untuk ibu hamil

Manfaat buah salak baik untuk ibu hamil muda yang mengalami morning sickness. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsi salak, makanan kaya protein seimbang seperti kacang-kacangan harus sering dikonsumsi.

8. Menurunkan berat badan

Karena kandungan serat dan antioksidan yang tinggi, salak menjadi menu diet yang banyak dicari untuk diet manajemen berat badan. Karena salak terdiri dari kalsium dan karbohidrat, salak memberikan energi dan stamina yang diperlukan untuk tubuh saat menjalani diet.

Anda bisa mendapatkan manfaat buah salak ini dengan memasukkannya dalam menu diet harian Anda.

(chs)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *